contact
Test Drive Blog
twitter
rss feed
blog entries
log in

Selasa, 13 April 2010



Gw membuat tulisan ini karena membaca sedikit banyak artikel tentang blog copy paste, copas atau maling atau apapun yang mereka kata kan itu. Banyak dari mereka yang mencela, memaki, dan meng "haram" kan copy paste. Mereka bilang itu adalah hak cipta, hak kekayaan intelektual, hak ini dan hak itu. Banyak kampanye untuk menghentikan copy paste dan sebagainya. Kalian sudah banyak mengeluarkan pendapat tentang blog copas, gw membaca sekitar 30an artikel yang intinya sama saja selama 3 hari ini, hampir semuanya terpancing dan ikut mencela blog copy paste, dan memandang hanya dari sepihak mereka.

Baik biar gw sebagai pemilik salah satu blog copy paste terbesar di indonesia membuka suara dan pendapat dari sudut pandang admin blog copy paste.


Ilmu itu terus berkembang

Pengetahuan, Ilmu, dan sejenisnya yang dibuat menjadi artikel di blog. Artikel jenis ini yang paling sering di copy paste dan diributkan oleh orang yang mem"buat" artikel tersebut

Fakta: Anda tidak membuat ilmu atau artikel itu, anda bukan yang menemukan pertama, anda punya bukti anda satu satunya penulis artikel itu? Ilmu terus berkembang dan tidak ada yang orinsil, anda adalah penyusun dan bukan pembuat, misalkan artikel tentang sejarah indonesia, andakah pembuat sejarah itu? menurut saya bukan.

Kesimpulan : Tidak ada artikel yang murni orinsil 100% kecuali itu diary kehidupan anda sendiri, jika menyangkut pengetahuan pasti anda belajar dari seseorang atau buku atau apapun itu, berarti anda copy edit hanya disana bedanya.

Anda sekarang menyadari sesuatu? atau masih ngotot dengan idealis anda? silahkan baca terus kalo anda belum menyadari sesuatu.

Blog copas itu ada 2 jenis, blog copas bisnis dan blog copas directory. Blog copas bisnis adalah blog yang ingin mengambil keuntungan dengan bisnis ads dan PPC, mereka menjaring trafic dengan jutaan keyword yang mereka copas. Blog Copas directory adalah blog yang gw kembangkan yaitu blog bebas iklan yang memiliki ribuan post copas. Blog ini adalah tipe seperti perpustakaan online.

Fakta : Anda tidak mau tau akan perbedaan blog diatas ataupun cara kerja orang lain, anda hanya bisa mengkritik cara kerja orang lain dan berusaha mengatur cara kerja orang lain. Bagaimana jika anda diatur cara kerjanya, blog anda dipaksa untuk menulis sesuatu yang tidak anda inginkan dan dilarang menulis yang anda pikirkan, saya yakin hampir semua yang baca belum pernah berpikir seperti itu

Kesimpulan: Masing-masing orang punya cara kerja sendiri, dan tentu tidak mau diatur oleh orang lain, jika anda berpikir hak cipta ada yang lebih tinggi yaitu hak milik dan hak asasi. Blog ini saya yang buat dan anda tidak membiayai internet dan listrik saya selama blogging dan artikel milik saya tidak menghasilkan apa-apa untuk saya, bukan kah saya mengajak anda untuk beramal? dan anda masih menuntut lebih? Beramal tuh tidak boleh pamrih

Masih ngotot copy paste itu semua sama? Wah anda sangat bersikeras sekali baik baca sedikit lagi artikel ini

Sebenarnya yang memulai kampanye anti copy paste tidak lain adalah orang yang tidak siap bersaing, takut posisi blognya di google digeser dan takut income bisnis online na berkurang, anda bilang blog copy paste hina dan hanya memikirkan diri sendiri, bukan kah anda berteriak-teriak demi diri anda sendiri?

Fakta : Anda selalu menyebutkan jika blog copy paste akan di banned google, melakukan mutiply topic atau apapun namanya anda sebutkan itu, jika google sudah bertindak kenapa anda harus takut dan masih ribut kepada blog copy paste? Bukankah anda sendiri yang bilang sudah ada yang memantau entah itu google,copy scape, dan banyak lagi yang anda jadikan senjata tapi masih belum cukup?

Kesimpulan : Anda sendiri tidak percaya dengan kemampuan anti copy paste dan sejenisnya, anda mau ada hukum yang menguntungkan diri anda sendiri.

Masih belum mau berpikir jernih? Masih mau ngurusin blog orang yang copy paste? Mari kita liat dibawah ini

Beberapa dari anda mengatakan bahwa blog copy paste adalah orang yang tidak bisa menulis tapi buat blog, newbie dan sebangsanya

Fakta : Tidak semua admin blog copy paste tidak bisa menulis, mungkin mereka blog copy paste tp mungkin punya blog lain wadah untuk mereka menulis ide-idenya. Blog copy paste tidak semuanya newbie loh, kadang justru mereka sangat ahli SEO dan jangan heran bertemu blog copy paste yang memiliki rank alexa 20rb-an. Anda merasa tersaingi dengan kemampuan SEO mereka bukan?

Kesimpulan : Jangan merasa atau menilai hal yang buruk saja liat sisi positifnya, anda pikir buat blog copy paste dan membesarkan namanya mudah? butuh waktu dan biaya besar, yang jelas sih waktu. Masing-masing punya usaha dan jalan sendiri-sendiri, anda minta di hargai maka hargai lah orang lain.

Masih ngotot juga? wah gw juga udah capek

Ironisnya : Kenapa anda membenci blog copy paste atau blog pengumpul tapi anda berburu untuk masuk peringkat atas website pengumpul artikel terbesar di dunia : Google.com

Jika anda berkomentar di bawah untuk kritik atau emosi semata, pendapat yang hanya ditujukan kepada sebelah pihak sebaiknya tidak usah karena itu hanya akan membenarkan postingan ini. Belajar saling menghargai saja.

Kalo anda masih ngotot copy paste saran saya adalah:
Internet adalah dunia global yang bebas jika anda sangat takut ilmu atau tulisan anda di copy orang lain solusinya adalah JANGAN MENULIS, mudah bukan? daripada anda sibuk marah-marah dan kesal karena tulisan anda di copy, sekian dan terima kasih

Gw menulis artikel ini hanya sebagai tanggapan dari kampanye anti-copas, masing-masing punya pendapat gak masalah kan?

86

86 komentar:

  • steve on 13 April 2010 14.00

    hahahaha, setuju, enak copy -gak bisa nulis-

  • Ronney on 13 April 2010 14.07

    Asal bukan untuk bisnis ^^

  • Freedom Borneo on 14 April 2010 17.30

    kalu orng gk copas, pasti artikel yg telah mati tuh, gk bisa dibaca lagi, cZ google, dk refres lgi artikel2 yg lama...

  • Ronney on 14 April 2010 18.01

    Tetap aja copas wakakaka mau lama atau baru intinya copy cuma ada di edit" aja

  • Koki Sanjaya n Qoqi Rakib on 20 April 2010 15.20

    Wah cara berpikir saya tentang blog copaste jadi berubah... nice share sob

  • Ronney on 20 April 2010 16.01

    Berarti tulisan saya berarti untuk anda, thx udh mau ngeubah pandangan anda

  • WALL- e on 23 April 2010 16.40

    Blog gua sering di copas buat bikin thread di kaskus BT nggak, gua bikin artikel gitoh loh lengkap dengan reverensi. Kalau mo copas ya cantumin dung alamat asalnya, jangan sengaja di ilangin. Semua juga ada etikanya situ kalo copas ya cantumin asal

  • Ronney on 24 April 2010 06.53

    Wah kalo anda baca bener" nhe tread gx akan ngmg gitu, disini bukan bahas forum tp blog, kalo gx mau BT krn tulisan na dicopas yah jangan nulis kan udh ditulis diatas :P sebelum koment baca dulu baik"

  • JUVENTINI on 29 April 2010 04.00

    gw no share ma nmbhin ja mngenai COPAS... gw stju 90% mngnai artikel anda... intinya sbnrnya klo orng dah msuk k dunia maya, tulisan ato artikel se2orng adlh mlik umum dan bs d COPAS tp klo bs cntumin sourcenya biar da etikanya coz jika kta mau meminjam ato mnta kpnyaan ong lain mka kita psti hrus mnta ijin trlebih dhlu trhdp sang pemilik.. mohon maaf jk sya agak idealis ato da kta2 yg krng brkenan... manusia tdk da yg smprna kcuali nabi Muhammad SAW, kita cma bsa bljr dan mmprbaiki diri

  • Ronney on 29 April 2010 06.18

    Yang pertama etika itu dibuat oleh org itu sendiri untuk kepentingan sendiri, kalo anda baca bener" yah gx akan ngmg gitu, yang ke-2 jangan bawa agama kesini loh, ntar jadi perdebatan ma yg lain, apa anda menganggap nabi anda manusia? tentu lebih dr itu, tp thx atas pendapat anda saya hargai itu

  • baktiar77 on 12 Mei 2010 07.02

    Sebenarnya masalag copas emang ujung2nya masalah ada unsur bisnis gak disitu, kalau unsur bisnisnya gak ada ya gak terlalu masalah meskipun tetep lebih enak kalo cantumin sumbernya.
    Kalo udah ada bisnisnya udah gak ada etika kalo main copas tanpa persetujuan penulis asli, bagaimanapun menulis butuh kreatifitas dan pemikiran walaupun bukan tulisan pertama. Poin itulah yang seharusnya dihargai.

  • Ronney on 12 Mei 2010 07.16

    Yupz bedanya itu copy edit dan copy paste diatas sudah saya jelaskan, but really jika tidak mau hal copy paste terjadi pada tulisan yang sush payah dia buat yah jangan menulis atau mem-block orang supaya gx isa copas dia, supaya dia gx ribut sendiri, thx buat pendapat anda

  • etikush on 16 Mei 2010 18.32

    apakah saya bisa menjamin hanya saya lah seorang diri yang membuat pantun dengan +-16 kata seperti yang saya buat?

    ya. saya bisa menjaminnya.
    dengan apa?
    dengan logika.

    klo artikel, ilmu pengetahuan ataw apapun, emank pasti berkembang.

    bagaimana dengan untaian kata yang saya buat?

    tidak mungkin 16 kata yang keluar dari beberapa kepala bisa sama persis....

    16 kata sama persis ejaan dan logatnya? gimana caranya? janjian?

    klo pantun bikinan saya yang sangat bagus2 itu mau dikembangkan jadi artikel sih bodo amat.

    oia, pantun buatan saya bukanlah ilmu.

    itu cuma selingan setelah saya bosen ngupil.

    bagi saya:
    aturan di blog saya sudah jelas.
    aturan hak cipta di Indonesia sudah jelas.

    jadi silahkan ngupil di hidung masing2.

  • etikush on 16 Mei 2010 18.45

    oia, Juragan Rooney Yang Sangat Tampan,
    ada yang ketinggalan,
    teman anda ada disini
    http://karodalnet.blogspot.com/2010/02/pantun-romantis.html

    dan ini
    http://id-id.facebook.com/pages/Pantun-Romantis/111091295576228

    komentnya: dr dl pengen jd sastrawan
    harusnya: dr dl emank gak bisa ngupil

    teman anda bukan?




    bandingkan dengan ini
    http://etikush.blogspot.com/2008/12/pantun-romantis.html


    silahkan buat teori peluang mengenai sebuah pantun bisa sama persis.

    setiap alfabetnya sama persis.

  • etikush on 16 Mei 2010 19.35

    "Blog copas itu ada 2 jenis, blog copas bisnis dan blog copas directory. Blog copas bisnis adalah blog yang ingin mengambil keuntungan dengan bisnis ads dan PPC, mereka menjaring trafic dengan jutaan keyword yang mereka copas. Blog Copas directory adalah blog yang gw kembangkan yaitu blog bebas iklan yang memiliki ribuan post copas. Blog ini adalah tipe seperti perpustakaan online."


    perpustakaan online?
    ogtu...

    oia, klo referensi perpustakaan bukan online, buku2 bertumpuk yang menyebalkan itu loh...
    ada nama pengarangnya yach?

    klo referensi perpustakaan online ada nama pengarangnya gak?



    wlopun buku bajakan, tetep loch, ada nama pengarangnya.

    wlopun pengarangnya gak dapet apa2. tetep loh ada nama pengarangnya.

    "sejarah milik umum"

    trus kenapa buku2 sejarah ada nama penyusunnya?

    tapi kok referensi sejarah di blog Mister Ronney Yang Sangat Tampan ini gak ada nama penyusunnya.

    kenapa?


    bagaimana dengan buku matematika, itu rumus kan milik umum,

    kok ada nama penyusunnya.

    Bagaimana pula dengan Bapak Bob Foster?
    emank dia pernah bikin rumus apa?
    kok di buku sekolah eksak ada namanya?

  • etikush on 16 Mei 2010 20.06

    Koran adalah kertas yang biasa saya gunakan untuk membungkus gorengan,
    kadang2 buat ngelap upil, jika saya selesai korek2 idung.

    di koran selalu ada nama ataw inisial penulis artikel ataw beritanya.



    Buku adalah sebuah benda yang harusnya dibaca, bukan buat memajang upil di tiap halamannya.

    Buku apapun, sejarah, resep masakan, buku komputer, ataw cerpen sekalipun, ada nama pengarang/penyusunnya.

    trus darimana Mister Ronney Yang Sangat Tampan mendapat teori untuk meniadakan nama penulis dengan alasan beramal?

    nyomot kata2 Mister Ronney Yang Sangat Tampan:
    "jangan bawa agama kesini loh, ntar jadi perdebatan ma yg lain,"

    yang namanya beramal cuma ada di agama.
    karena beramal menghasilkan pahala.
    dan klo uda ada pahala, pasti itu ada hubungannya ama agama.

    "gak usah bawa2 agama"

    "pake LOGIC, kenapa nama Bapak Gunawan Moehamad ada di Tempo, padahalkan artikel dia gak berpanjang-panjang, dan apakah Tempo bisa menjamin hanya Goenawan Moehamad yang memiliki pikiran seperti itu?"

    Do you have anylogic in ur mind?
    Prove it!

  • etikush on 16 Mei 2010 20.13

    "jangan bawa agama kesini loh, ntar jadi perdebatan ma yg lain, apa anda menganggap nabi anda manusia? tentu lebih dr itu,"

    "apa anda menganggap nabi anda manusia?"


    YES, OF COURSE!!!
    Muhammad Saw adalah MANUSIA.


    "Iqro"
    "BACALAH"

    jangan berkomentar tentang sesuatu yang tidak pernah anda baca mengenainya.


    lebih baik jelaskan pada saya,
    kenapa buku2 sejarah kumal itu memiliki nama penyusun,
    padahal menurut anda "sejarah milik umum"

    jelaskan juga, kenapa sejarah di blog ini tanpa nama penyusun?

  • etikush on 16 Mei 2010 21.10

    jikalau anda pernah sekolah SMA, tengoklah LKS FISIKA SMA, pastinya disana ada halaman daftar pustaka yang merujuk BOB FOSTER sebagai rujukannya.

    pertanyaannya:
    rumus apa yang ditemukan oleh Bapak BOB FOSTER sampai2 nama beliau dipajang di daftar pustaka?

    di daftar pustaka LKS tersebut ada beberapa nama buku, dan pengarang buku (tidak hanya BOB FOSTER), dan nama2 pengarang buku yang disebutkan bukanlah penemu rumus.

    LKS tersebut bertujuan untuk MENGUMPULKAN ILMU yang tercecer menjadi lebih ringkas,

    bukan copas sembarang copas.

    tapi begitulah, kita menjadi lebih berani copas tanpa nama penulis/penyusun/pengarang saat kita di dunia maya.

    manusia di dunia nyata mencantumkan nama pengarang yang dicopas,

    mengapa anda tidak?
    bukankah anda hidup di dunia nyata juga?

  • etikush on 17 Mei 2010 05.56

    untuk jawaban atas pertanyaan2 anda di artikel anda, silahkan kunjungi:

    http://etikush.blogspot.com/2010/05/meniadakan-nama-pengarang.html

  • Ronney on 17 Mei 2010 06.08

    @etikush:apakah saya bisa menjamin hanya saya lah seorang diri yang membuat pantun dengan +-16 kata seperti yang saya buat?

    ya. saya bisa menjaminnya.
    dengan apa?
    dengan logika.

    klo artikel, ilmu pengetahuan ataw apapun, emank pasti berkembang.

    bagaimana dengan untaian kata yang saya buat?

    tidak mungkin 16 kata yang keluar dari beberapa kepala bisa sama persis....

    16 kata sama persis ejaan dan logatnya? gimana caranya? janjian?

    klo pantun bikinan saya yang sangat bagus2 itu mau dikembangkan jadi artikel sih bodo amat.

    oia, pantun buatan saya bukanlah ilmu.

    itu cuma selingan setelah saya bosen ngupil.

    bagi saya:
    aturan di blog saya sudah jelas.
    aturan hak cipta di Indonesia sudah jelas.

    jadi silahkan ngupil di hidung masing2.


    Pantun adalah ilmu bahasa indonesia, dan didalam internet gx ad yg namanya logat atau ejaan, aturan diblog ente kan ente buat sendiri kalo hak cipta blog di indo sayang nya blum ada

  • Ronney on 17 Mei 2010 06.11

    @etikush:oia, Juragan Rooney Yang Sangat Tampan,
    ada yang ketinggalan,
    teman anda ada disini
    http://karodalnet.blogspot.com/2010/02/pantun-romantis.html and so on

    Gw gak merasa tampan dan gw bukan juragan ^^ anda tidak mengenal saya dan kenapa menuduh itu teman saya? atas dasar apa? dan itu juga blog copas dengan iklan lho

  • Ronney on 17 Mei 2010 06.13

    @etikush:perpustakaan online?
    ogtu...

    oia, klo referensi perpustakaan bukan online, buku2 bertumpuk yang menyebalkan itu loh...
    ada nama pengarangnya yach?

    klo referensi perpustakaan online ada nama pengarangnya gak?



    wlopun buku bajakan, tetep loch, ada nama pengarangnya.

    wlopun pengarangnya gak dapet apa2. tetep loh ada nama pengarangnya.

    "sejarah milik umum"

    and so on

    Ok pintar dan ingin terlihat pintar sangat berbeda itu yg pertama
    Perpustakaan itu bukan hanya pada buku tp bisa perpustakaan CD,dll dan kalo anda cukup pintar itu adalah kata kiasan, jika anda bisa membuat pantun saya yakin anda mengerti apa arti "kiasan" bukan?

  • Ronney on 17 Mei 2010 06.19

    @etikush:Koran adalah kertas yang biasa saya gunakan untuk membungkus gorengan,
    kadang2 buat ngelap upil, jika saya selesai korek2 idung.

    di koran selalu ada nama ataw inisial penulis artikel ataw beritanya.



    Buku adalah sebuah benda yang harusnya dibaca, bukan buat memajang upil di tiap halamannya.

    Buku apapun, sejarah, resep masakan, buku komputer, ataw cerpen sekalipun, ada nama pengarang/penyusunnya.

    trus darimana Mister Ronney Yang Sangat Tampan mendapat teori untuk meniadakan nama penulis dengan alasan beramal?

    nyomot kata2 Mister Ronney Yang Sangat Tampan:
    "jangan bawa agama kesini loh, ntar jadi perdebatan ma yg lain,"

    and so on

    sekali lagi saya tegaskan saya tidak tampan, buku dan koran itu berbeda dengan blog, saya rasa anda cukup pintar untuk membedakan itu, kenapa saya tidak mau bawa agama? karena jika dibawa" topik akan melenceng, seriously jika anda mencari logika dikepala saya maka anda tidak akan membawa agama karena agama itu tidak logis, anda pernah lihat malaikat 600 sayap? Setan Jibril? dan sejenisnya yg ada di dalam agama? saya mempelajari beramal bukan dr agama, itu atas kesadaran saya sendiri, saya adalah org yang kalian sebut indigo, saya dapat melihat dunia yg tidak kalian lihat dan itu berbeda dengan apa yg dituliskan diagama maupun tayang di TV, apakah anda sudah berpikir logic sebelum meminta saya berpikir logic?

  • Ronney on 17 Mei 2010 06.22

    @etikush:"jangan bawa agama kesini loh, ntar jadi perdebatan ma yg lain, apa anda menganggap nabi anda manusia? tentu lebih dr itu,"

    "apa anda menganggap nabi anda manusia?"


    YES, OF COURSE!!!
    Muhammad Saw adalah MANUSIA.


    "Iqro"
    "BACALAH"

    jangan berkomentar tentang sesuatu yang tidak pernah anda baca mengenainya.

    and so on

    tau dari mana anda kalau saya tidak pernah membacanya? apakah anda yakin anda lebih mengenal agama anda dari saya? jika anda tau nabi itu adalah utusan Tuhan yang kalian setarakan dengan nabi itu berarti dia sudah diatas manusia dengan kemampuan adi biasanya.

    dan anda juga jangan berkomentar tanpa berpikir, isi blog ini adalah orinsil tulisan saya dan kehidupan saya, jika maksud anda blog saya yg 1 lagi yah itu baru anda blh berkata seperti itu

  • Ronney on 17 Mei 2010 06.28

    @etikush:jikalau anda pernah sekolah SMA, tengoklah LKS FISIKA SMA, pastinya disana ada halaman daftar pustaka yang merujuk BOB FOSTER sebagai rujukannya.

    yah tentu saja saya pernah SMA dan jika anda pernah nntn TV anda mungkin mengenal saya sebagai perwakilan indonesia untuk olimpiade internasional, tapi ini diluar topik kita, seriously saya juga hidup di dunia nyata dengan kehidupan berbeda, apakah kehidupan anda di dunia maya sama dengan dunia nyata? tidak saudara karena itulah dinamakan dunia maya, dunia yang berbeda dengan dunia nyata dan kehidupan yg berbeda dan hukum yang berbeda, anda jangan hanya berpikir dengan hukum di indonesia dan hanya membawa bob foster anda, karena saya sebelum menulis artikel ini saya melakukan penilitian selama 5 bulan dan bertanggung jawab atas seluruh isi artikel ini dengan meniliti hukum beberapa negara besar.berbeda dengan pantun yang anda buat sekian jam saja ^^ thx udah mau share pendapat anda disini, kalau kurang puas dengan jawaban saya silahkan koment lagi tapi yang lebih pintar dan logika yha ^^

  • etikush on 17 Mei 2010 06.28

    SAYA NULISNYA:

    "oia, pantun buatan saya bukanlah ilmu."

    TANGGAPAN RONNEY:
    "pantun adalah ilmu bahasa indonesia, dan didalam internet gx ad yg namanya logat atau ejaan, aturan diblog ente kan ente buat sendiri kalo hak cipta blog di indo sayang nya blum ada"


    SAYA TIDAK SEDANG MEMBICARAKAN DEFINISI PANTUN.
    SAYA SEDANG MEMBICARAKAN PANTUN BIKINAN SAYA.

    CONTOH LOGAT:
    adek, adhek, adde, ade.

    dari segi ejaan jelas terlihat ada perbedaan.


    Saya tidak sedang membeicarakan hak cipta blog.

    saya membicarakan Hak Cipta atas pantun2 saya.

  • Ronney on 17 Mei 2010 06.33

    @etikush:SAYA NULISNYA:

    "oia, pantun buatan saya bukanlah ilmu."

    TANGGAPAN RONNEY:
    "pantun adalah ilmu bahasa indonesia, dan didalam internet gx ad yg namanya logat atau ejaan, aturan diblog ente kan ente buat sendiri kalo hak cipta blog di indo sayang nya blum ada"

    and so on

    dan topik disini membicarakan blog, salah sendiri anda keluar jalur, logat dan gaya tulisan itu berbeda, gitu aja gx bisa wakaka

  • etikush on 17 Mei 2010 06.34

    SAYA NULISNYA:
    "oia, Juragan Rooney Yang Sangat Tampan,
    ada yang ketinggalan,
    teman anda ada disini
    http://karodalnet.blogspot.com/2010/02/pantun-romantis.html

    dan ini
    http://id-id.facebook.com/pages/Pantun-Romantis/111091295576228

    komentnya: dr dl pengen jd sastrawan
    harusnya: dr dl emank gak bisa ngupil

    teman anda bukan?

    dst."


    Ada konfirmasinya kan?

    "TEMAN ANDA BUKAN?"
    jika bukan, tinggal jawab bukan.


    Menurut saya anda sangat tampan.
    dan menurut saya anda memang juragan copas yang meniadakan nama penyusun/pengarang/penulis/sumber tulisan.

  • Ronney on 17 Mei 2010 06.40

    @etikush:"oia, Juragan Rooney Yang Sangat Tampan,
    ada yang ketinggalan,
    teman anda ada disini

    nah itu u bilang jelas" itu teman gw, wakakaka lucu u mah, ngerti arti juragan gak? jangan ngomong kalo gx ngerti artinya, gw kan dah bilang kalo kurang puas silahkan koment lagi tapi yang lebih pintar koment na, bukan na makin malah turun

  • etikush on 17 Mei 2010 06.52

    OK. KARENA ANDA SUDAH MELAKUKAN PENELITIAN SELAMA LIMA BULAN, INDIGO DAN PERWAKILAN OLIMPIADE.

    Bagaimana jika KITA berdiskusi mengenai suatu hal:

    Misal ada yang mengirim opini berbentuk artikel ke koran kompas, lalu ditampilkau juga di kompas online,
    apakah itu berarti penulis yang mengirimkan opini kehilangan hak ciptanya, dan karyanya boleh dicopas begitu saja?

    kompas online memang bukan blog, tapi jelas, kompas online ada di dunia maya.
    apakah hukum di dunia nyata soal hak cipta artikel penulisnya menjadi hilang?
    ataw diambil alih oleh kompas online?
    ataw tetap itu adalah hak cipta penulis?

  • etikush on 17 Mei 2010 06.55

    sesuatu yang dilengkapi konfirmasi tidak bisa dianggap sebagai tuduhan.

    "nih teman anda,
    itu teman anda bukan?"

  • Ronney on 17 Mei 2010 07.02

    @etikush:OK. KARENA ANDA SUDAH MELAKUKAN PENELITIAN SELAMA LIMA BULAN, INDIGO DAN PERWAKILAN OLIMPIADE.

    Bagaimana jika KITA berdiskusi mengenai suatu hal:

    and so on

    sebenarnya tidak perlu huruf kapital untuk menunjukan anda tidak percaya atau tidak tp gx masalah karena itu Out of topic (OOT)

    diskusi anda pun jauh dari topik atau OOT, karena yang saya bicarakan disini adalah blog copas bukan hak cipta tp akan saya jawab

    sebelum bertanya saya berharap anda tau hukum dunia maya secara lengkap sebelum mengajak diskusi dan berdiskusi lah sebagai orang terpelajar.

    opini adalah pendapat, tidak lain adalah komentar atau artikel seperti yang saya tulis maupun anda tulis, jika masalah pengiriman opini, itu berarti tidak mendapat royalty dan kompas tidak bertanggung jawab kalo opini anda di copas dan anda punya hak mengakui itu opini anda tapi untuk menuntut? sayangnya di indonesia tidak bisa seperti itu kecuali mencemarkan nama baik, seperti yang saya tulis diatas kalau anda takut di copas jangan menulis, gampang kan?

  • Ronney on 17 Mei 2010 07.04

    @etikush:sesuatu yang dilengkapi konfirmasi tidak bisa dianggap sebagai tuduhan.

    "nih teman anda,
    itu teman anda bukan?"

    atas dasar apa u bilang gw menganggap u menuduh gw? gak koq, ke geer-an nih, trus pertanyaan" saya koq gx dijawab? ^^

  • etikush on 17 Mei 2010 07.15

    oh, jadi menurut anda aturan dunia maya tuh boleh copas sembarangan.

    misal ada sebuah artikel pemikiran yang ditulis orang luar negeri, lalu diposting di internet oleh penulisnya.

    lalu dicontek oleh profesor Indonesia, dan sang profesor mengirimkan artikel contekannya ke koran.

    apa yang terjadi kemudian?


    oia, barusan nemu kata lisensi bebas royalti, apa sih artinya?

    apa nama penulis masih boleh dicantumkan pada lisensi bebas royalti?

  • Ronney on 17 Mei 2010 07.23

    @etikush:oh, jadi menurut anda aturan dunia maya tuh boleh copas sembarangan.

    misal ada sebuah artikel pemikiran yang ditulis orang luar negeri, lalu diposting di internet oleh penulisnya.

    lalu dicontek oleh profesor Indonesia, dan sang profesor mengirimkan artikel contekannya ke koran.

    apa yang terjadi kemudian?


    oia, barusan nemu kata lisensi bebas royalti, apa sih artinya?

    apa nama penulis masih boleh dicantumkan pada lisensi bebas royalti?


    pertama anda sadar gx kalo anda OOT? ke-2 anda drtd hanya bertanya tanpa menjawab pernyataan saya sebelumnya, kemana amal berasal dari agama dll na? jawab dulu baru tanya saya macam", saya bisa menjawab pertanyaan anda cuma itu diluar topik dan saya yakin anda cukup pintar untuk mengerti pernyataan saya karena berani mengajak saya berdiskusi

  • etikush on 17 Mei 2010 07.43

    Ngjawab pertanyaan RONNEY:

    TANYA: Perpustakaan itu bukan hanya pada buku tp bisa perpustakaan CD,
    dll dan kalo anda cukup pintar itu adalah kata kiasan,
    jika anda bisa membuat pantun saya yakin anda mengerti apa arti "kiasan"


    JAWAB: iya ngerti, itu artinya saya cerdas banget,
    saking cerdasnya bisa bikin pantun sambil ngupil dalam hitungan detik.


    TANYA: apakah anda sudah berpikir logic sebelum meminta saya berpikir logic?

    JAWAB: sudah


    TANYA: tau dari mana anda kalau saya tidak pernah membacanya?
    apakah anda yakin anda lebih mengenal agama anda dari saya?

    JAWAB: tau dari koment kamu sendiri yang bilang "apa anda menganggap nabi anda manusia? tentu lebih dr itu,"
    nabi Muhammad Saw itu MANUSIA, lebih dari MANUSIA maksudnya apa?
    Dan kepribadian beliau adalah suri tauladan bagi Muslim.

    gak yakin, ataw lebih tepatnya gak peduli.


    TANYA: atas dasar apa u bilang gw menganggap u menuduh gw?
    gak koq, ke geer-an nih, trus pertanyaan" saya koq gx dijawab?

    JAWAB:
    ATAS DASAR: "anda tidak mengenal saya dan kenapa menuduh itu teman saya? atas dasar apa?
    "kenapa menuduh itu teman saya"
    anda sudah menyimpulkan bahwa saya menuduh anda,
    lalu anda bertanya pada saya "KENAPA MENUDUH itu teman SAYA?"



    TANYA: anda punya hak mengakui itu opini anda tapi untuk menuntut?

    JAWAB: penulis punya hak mengakui itu sebagai opini nya.
    hak penulis adalah kewajiban yang copas.
    hak penulis terpenuhi, jika pengcopas mencantumkan nama penulis.
    jika pengcopas tidak mencantumkan nama penulis, berarti mengingkari hak penulis.



    TANYA: sayangnya di indonesia tidak bisa seperti itu kecuali mencemarkan nama baik,
    seperti yang saya tulis diatas kalau anda takut di copas jangan menulis, gampang kan?

    JAWAB: Tidak perlu takut di copas, dan bukankah sanksi masyarakat lebih jitu,
    seperti yang terjadi pada profesor UNPAR,
    keluarga pengcopas pun ikut menunduk malu

  • Ronney on 17 Mei 2010 07.47

    @etikush: gitu donk dijawab jadi saya kan ad semangat menjawab walaupun jawaban anda banyak OOT

    nah sekrang setelah anda membantu saya dengan komentar yg cukup banyak, apa yang anda inginkan dari saya?

  • etikush on 17 Mei 2010 07.54

    APA YANG SAYA INGINKAN DARI INDIGO, PESERTA OLIMPIADE YANG TELAH MELAKUKAN PENELITIAN TENTANG COPAS SELAMA LIMA BULAN?

    TIDAK ADA.

    BAHKAN SAYA PUN TIDAK MENGINGINKAN JAWABAN
    "MENGAPA SEORANG PENGCOPAS MEMILIKI HAK UNTUK MENGHILANGKAN NAMA PENULIS/PENYUSUN/PENGARANG/SUMBER TULISAN"

  • Ronney on 17 Mei 2010 07.58

    @etikush: tidak ada trus kenapa daritadi anda kebakaran jenggot? membuat tread yg menanggapi tread saya?

    dengan rasa hormat, kalau saya boleh tw, berapa umur anda? dan tingkat pendidikan terakhir?
    sehingga saya tidak heran kenapa anda koment banyak sekali tp hanya 10~15% on the topic yang lain na OOT, dan komentar anda dengan huruf kapital yang seolah menghina saya, apakah saya ada menghina saudara? saya rasa tidak. kalau bisa dijawab

  • etikush on 17 Mei 2010 08.12

    tanya:tidak ada trus kenapa daritadi anda kebakaran jenggot?"

    jawab:aq gak punya jenggot

    tanya:membuat tread yg menanggapi tread saya?

    jawab:iseng aja, uda bosen ngupil.

    tanya:dengan rasa hormat, kalau saya boleh tw, berapa umur anda? dan tingkat pendidikan terakhir?
    sehingga saya tidak heran kenapa anda koment banyak sekali tp hanya 10~15% on the topic yang lain na OOT,

    jawab: tidak boleh tau,


    tanya: komentar anda dengan huruf kapital yang seolah menghina saya, apakah saya ada menghina saudara? saya rasa tidak. kalau bisa dijawab

    jawab: bingung yang mana pertanyaannya soalnya sudah dijawab sendiri.

    mungkin maksud mas indigo, apakah etikush menghina mas indigo dengan huruf kapital?
    jawaban etikush (jika itu maksud pertanyaannya): TIDAK.


    ada pertanyaan yang lain?
    silahkan.
    oia, ini ada dari blogger

    http://www.blogger.com/terms.g

  • Ronney on 17 Mei 2010 08.21

    @etikush:tanya:tidak ada trus kenapa daritadi anda kebakaran jenggot?"

    jawab:aq gak punya jenggot

    Ngerti "kiasan"?

    tanya:membuat tread yg menanggapi tread saya?

    jawab:iseng aja, uda bosen ngupil.

    Kalo saya buat blog copas buat iseng anda protes?

    tanya:dengan rasa hormat, kalau saya boleh tw, berapa umur anda? dan tingkat pendidikan terakhir?
    sehingga saya tidak heran kenapa anda koment banyak sekali tp hanya 10~15% on the topic yang lain na OOT,

    jawab: tidak boleh tau,

    baiklah kalau begitu biar saya mengira" sendiri karena jawaban anda nampak tidak seperti org terdidik dan masi pubertas ^^

    tanya: komentar anda dengan huruf kapital yang seolah menghina saya, apakah saya ada menghina saudara? saya rasa tidak. kalau bisa dijawab

    jawab: bingung yang mana pertanyaannya soalnya sudah dijawab sendiri.

    mungkin maksud mas indigo, apakah etikush menghina mas indigo dengan huruf kapital?
    jawaban etikush (jika itu maksud pertanyaannya): TIDAK.

    jika tidak kenapa menyebut indigo trus? apa anda mengerti arti indigo? kalau tidak googling dulu geh ;)

    ada pertanyaan yang lain?
    silahkan.
    oia, ini ada dari blogger

    http://www.blogger.com/terms.g

    saya sudah bilang melalui penilitian 5bulan, emang anda pikir saya melewatkan itu? haha kalo terms itu berlaku gx ad tuh blog copas, tapi kenyataan na terms itu gx ad efek na ;)

    kalau anda memang masih dibawah umur 21 dan masih skul ato kul, saya rasa anda masih perlu belajar banyak cara berdiskusi, jika anda diatas 21 dan berkeluarga "DEWASALAH"

    sory dengan OOT neh ;)

  • etikush on 17 Mei 2010 08.34

    wow!
    ternyata masih ada pertanyaan lain.

    tanya:Ngerti "kiasan"?

    jawab: gak ngerti.

    tanya: Kalo saya buat blog copas buat iseng anda protes?

    jawab: protes dunkxz...

    tanya:baiklah kalau begitu biar saya mengira" sendiri karena jawaban anda nampak tidak seperti org terdidik dan masi pubertas

    jawab: eh, salah denkzx itu bukan pertanyaan, kan gak ada tanda tanya nya.
    berarti gak usah dijawab yach...

    tanya: jika tidak kenapa menyebut indigo trus? apa anda mengerti arti indigo? kalau tidak googling dulu geh ;)

    jawab: karena kamu bilang kamu indigo,
    gak ngerti,
    googling? males ah, enakkan ngupil.

    tanya: saya sudah bilang melalui penilitian 5bulan, emang anda pikir saya melewatkan itu? haha kalo terms itu berlaku gx ad tuh blog copas, tapi kenyataan na terms itu gx ad efek na ;)

    jawab: gak suka mikir, jadi gak
    tau deh sang indigo melewatkan itu ataw tidak.

    oh, jadi blog copas itu ada karena memanfaatkan kelemahan aturan google.

    aturan punya kelemahan.
    aturan tetap aturan.


    nasihat: kalau anda memang masih dibawah umur 21 dan masih skul ato kul, saya rasa anda masih perlu belajar banyak cara berdiskusi, jika anda diatas 21 dan berkeluarga "DEWASALAH"

    sory dengan OOT neh ;)

    tanggapan atas nasihat:
    mas indigo pandai menasihati juga rupanya...
    benar2 multibakat....

  • Ronney on 17 Mei 2010 08.41

    @etikush: jawaban anda sudah mulai ngawur :p
    yah udah untuk info aja, blog copas gw juga ad movie spongebob na koq tinggal di download dan kalo mau gw punya komik detective conan dalam rar dari buku 1~67 ato chapter 707, skrg paling baru 733
    jangan malu buat request komik na ^^

    indigo aja gx tw wakakaka

  • etikush on 17 Mei 2010 09.01

    pas baca koment soal komik conan,
    gw bingung,
    eh, gw langsung inget klo gw pernah nulis di profil soal kesukaan gw baca komik conan.

    wah, etikush klo baca komik conan di taman bacaan yang bayar 1000perak buat baca ditempat.
    baca seri yang sama berulang2.
    etikush gak kecanduan komik conan, bukan penggila conan,
    dan bukan penggila apapun.

    maaf yach.


    baca komik dari layar komputer?
    aduh maaf deh...
    gak minat punya empat mata.
    dua mata saja sudah cukup bagiku...


    diprint dulu? males. mending nguppil.

  • etikush on 17 Mei 2010 09.03

    yaiya dunkxz...
    ngapain harus tau apa itu indigo...
    emank penting yach...

  • RAHASIA KETAPANG on 17 Mei 2010 10.36

    saya juga anti-copas tp menghargai blog orang koq, eh etikush saya malu ma kamu tw gx? kalo otak belum nyampe yah jangan ngajak orang debat malah buat malu aja, keliatan banget bego na tau

    Orang pintar tau kapan dia harus berhenti berbicara dan menerima kekalahan

    Orang bego yah udah tw salah masih aja ngotot

  • Ronney on 17 Mei 2010 10.38

    @etikush: yah gw cuma menawarkan lho, kan tinggal jawab mau atau nggak, gx perlu sedetail itu x, penting gx c ;)

    btw bok yo kalo gx ngerti jangan ngomong, bukan na penting atau gak soal indigo, tp yah kalo ngmg gx tw artiny kan nampak bego ;)

  • Ronney on 17 Mei 2010 10.40

    @rahasia ketapang: semua orang berhak mengunkapkan pendapat koq ;) mau dia pintar atau ngak, kenapa disuruh berhenti? lumayan kan nambahin banyak comment di artikel ini ;)

  • RAHASIA KETAPANG on 17 Mei 2010 10.41

    @ronney: hak dia memang tapi kami dari kubu anti-copas nampak seperti kumpulan orang idiot kalo dia wakilin kami berbicara, lagian kenapa u ladenin orang begini? bergaul dengan orang bodoh bisa ikutan bodoh loh

  • Ronney on 17 Mei 2010 10.43

    @rahasia ketapang: memang jawaban yang dia berikan dalam "diskusi" ini tidak menambah pengetahuan gw, tp semoga jawaban gw menambah isi kepala dia ;) biar jadi contoh yang lain juga kalo koment pinter dikit biar kesalahan seseorang tidak diulangin lagi, hehe

  • richo on 17 Mei 2010 10.49

    Ape kate orang neh b, topiknye ape koment nye ape, cacad benar jadi orang nyan, adak punye malu e?

  • San-san on 17 Mei 2010 10.49

    @etikush: gw baca koment u koq pada gx mutu yah? pernah sekolah gx sih? kiasan aja gx tw parah xixixi

  • RAHASIA KETAPANG on 17 Mei 2010 10.52

    @ronney: bukan gitu b, dia buat malu jak
    gak tau apa-apa tapi banyak ngomong b, macam semua orang anti-copas tolol am men dia mewakili orang anti copas nyan

  • Ronney on 17 Mei 2010 10.56

    @san-san: wow san" lama gx online neh ^^ waduh jangan dikatain gitu donk, btw kenapa neh topic jadi rame hari ini ~.~

  • Ronney on 17 Mei 2010 10.57

    @richo: ehm selamat datang di blog ane, btw siapa yang dimaksud cacad neh?

  • Ronney on 17 Mei 2010 10.58

    @rahasia ketapang: udah lah jangan ribut age, toh dia udah gx koment age ^^ beberapa koment terakhir juga udah OOT banget ;)

  • RAHASIA KETAPANG on 17 Mei 2010 11.35

    @ronney: saya sudah liat blog na dia, dan cacad abiz, ternyata dia hanya mau cari sensasi aja kayaknya, toh visitor dia jumlahnya sangat sedikit, biasa orang sirik yah begitu, udah 3 tahun ngeblog tapi alexa masih 3jutaan pengujung sepi sekali dasar blogger goblog wakakka

  • Ronney on 17 Mei 2010 11.37

    @rahasia ketapang: swt, jangan gitu lah, hargai blog dia, kan dia juga usaha, paling dia gx ngerti seo karena sibuk ngurusin blog orang lain ampe blog sendiri gak keurus, jadi santai aja ;)

  • Freedom Borneo on 17 Mei 2010 12.27

    ush gitu lah....

    biar pun etikush sok pintar, sok ja'im, sok hebat tapi dia tetap teman satu blog..........

    :P

    kita harus saling menghargai, google aja gak masalah, ngapain kita masalah....

  • Ronney on 17 Mei 2010 12.38

    @freedom-borneo: iah maka na semua keluh kesah dan pertanyaan dia gw jawab walaupun sebenarnya memperbodoh diri menjelaskan hal kepada org yg indigo aja gx tw :P

  • mendapatkan uang secara online on 19 Mei 2010 11.31

    waah ternyata rumit juga dunia blog...

    bikin puyeng hha

  • Ronney on 19 Mei 2010 15.31

    @atas: iah sebenarnya gx gampang tp kalo di bawa enjoy pasti enak ;) keep blogging

  • emmanuelthespecialone on 29 Mei 2010 15.43

    kalo menurutku sih silakan aja copas. Asal disebutin lah sumbernya. Jadi suatu saat kalo ada orang ngaku2 itu karyanya, kita kan punya pembelaan diri. Kan sumbernya dah ditulis. Saya copas dari sini loh....

    Aku juga ga anti copas. Blog ku sendiri juga mayoritas copas kok....

    Cek sendiri. www.emmanuelthespecialone.blogspot.com.

    Btw blognya bagus juga... salut ane....

  • Ronney on 29 Mei 2010 17.42

    @Immanuel: Thx buat pendapatnya, iya mungkin bisa buat pembelaan juga tp itu kembali ke persepsi masing", gw disini cuma share opini gw aja, thx 4 visit ;)

  • Abedz on 3 Juni 2010 20.31

    tp gan kalo misalnya copas trus di bawahnya ad source web yg mereka copas gmna???

  • Ronney on 4 Juni 2010 08.03

    Yah itu kan cara mereka untuk cari aman ;)

  • poniluhandoyo on 7 Juni 2010 11.27

    mantaff gan...ilmu itu mang hrs trus berkembang, untuk bisa berkembang butuh yg namanya ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) atau bahasa kerennya copy paste. Salut bro...

  • Ronney on 7 Juni 2010 13.01

    @poni: mantap ;) 1 pendapat kita

  • poniluhandoyo on 10 Juni 2010 10.33

    ya...tp jgn cuman mantap aja gan...follow blog saya donx...saya khan jg pgn spt agan... ;) maklum msh cupu... hehehe... thx...

  • B on 26 Juni 2010 11.29

    kata gusdur "gitu aja kok repot..."

    monggo mampir ke blog saya yang copas bos...

    http://gudang-honda-tiger.blogspot.com/

  • Risty on 12 Juli 2010 11.53

    Karena lihat komentarnya udah 69, saya gennapin jadi 70 ya.

    Saya salut sama artikel ini yang pro sama kopas. Seru juga baca debatnya sama mbak etikush. Saya sendiri lebih setuju sama pendapat boleh kopas asal mencantumkan sumbernya. Soalnya, kalau saya mengkopas artikel orang lain terus saya pajang di blog saya tanpa mencantumkan sumber, saya jadi merasa seperti mencuri buah pikiran orang lain. Oh ya, saya blogger newbie, blog saya masih belum punya banyak visitor dan tulisannya juga kebanyakan hasil kopas sini-kopas sana. Tapi saya selalu memberikan backlink buat blog-blog yang saya kopas. Menurut saya sih itu sebagai wujud terimakasih saya kepada pemilik blog yang "sudah menyediakan tulisan untuk dikopas" biasanya saya ngelink langsung ke tulisan bukan ke alamat blognya. Saya nggak terlalu ambil pusing mau dunia maya atau nyata, tapi saya pikir, kreatifitas itu mesti dihargai. Nggak peduli apakah akan mendatangkan profit atau tidak. Soal aturan blog, sepertinya aturan "boleh kopas tapi TOLONG cantumkan sumber" itu udah jadi aturan tak tertulis yang semua blogger pasti tau. Kecuali mungkin blogger newbie seperti saya. Jadi, kalau ada yang kopas tanpa asal-usul ya...^_^a

    ups, kotak komen ga muat...

  • Risty on 12 Juli 2010 11.55

    lanjut...

    Kalau mau bicara soal amal, penjelasan logisnya adalah sesuatu yang dilakukan secara sukarela, baik harta, jasa maupun buah pikiran. Saya rasa semua orang pasti tau secara naluriah kan. Nah, kalo kita mau beramal, biasanya kita pake uang kita sendiri kan? Kalau menyumbang jasa juga kita berikan jasa kita sendiri. Jadi, kalo mau nyumbang pengetahuan dalam bentuk tulisan ya mesti hasil tulisan sendiri dong. Kalau mengkopas artikel orang lain dengan dalih beramal yah sama aja saya mencuri uang orang lain terus saya masukin kotak amal. Beramal itu atas dasar sukarela, kalau pemilik blog yang kita kopas nggak mau tulisannya dipajang di blog kita padahal udah saya pajang link sumbernya ya berarti dia bloger pelit. Ngapain tulisan dia saya pajang di blog, mending saya nulis sendiri aja.

    BTT yah... buat saya blog kopas direktori itu keren. Jadinya kalau kita mau nyari informasi tentang banyak hal, udah ada di situ semua. Tapi sayangnya, kalo nggak ada penghargaan untuk "blog yang mempublish artikel itu pertama kali" rasanya jadi seperti pemilik blog kopas itu tidak menghargai orang lain. Kalau artikel itu dikopas dari blog lain, cantumkan link sumbernya, kalau dari koran online, cantumkan juga alamat koran online itu, kalau dari buku atau majalah, sebutkan juga. Ga perlu detail nama buku sampai halamannya juga lah. Kalau artikel itu hasil pemikiran sendiri, cantumkan juga (biarin aja dibilang narsis ;P)

    Saya pikir, masalah mencantumkan sumber bukan hanya berarti masalah hak cipta, tapi juga bentuk penghargaan dan ucapan terimakasih. Buat saya itu menjadi norma kesopanan dalam dunia maya. Supaya tidak ada orang yang sakit hati secara sengaja maupun tidak sengaja oleh perbuatan yang kita nggak sadari, sebaiknya kita lakukan pencegahan.

    Trimakasih untuk artikel yang bagus dan membuka pikiran. Maaf karena saya tidak sependapat. Saya cuma sekedar mengungkapkan opini saya. Biar bisa jadi bahan pertimbangan buat pembaca artikel ini.

  • Ronney on 12 Juli 2010 16.23

    @risty: buat risty, sebenarnya yang kamu blg itu benar, tapi sudah saya jelaskan diatas masalah argument kamu, jangan pikirin perdebatan saya dengan etikush tp perhatikan artikelnya baik" dulu :)

    kalau kamu baca benar" pasti akan beda comment kamu, yang kamu komentari hanya masalah link balik kan? coba perhatikan sundut pandang lainnya yah :)

  • Risty on 12 Juli 2010 17.41

    yup, saya memang menitik beratkan pada link sumber a.k.a link baliknya. ^_^v soalnya pengetahuan saya masih minim jadi untuk sementara sudut pandang saya cuma terbatas di situ aja. Mungkin seiring waktu saya belajar di dunia maya, saya akan lebih mengerti :p

    Jadi, kita tetap pada pendapat masing-masing yah, saya dengan pendapat saya, bang ronney dengan pendapatnya sendiri, makasih ya masukannya akan saya jadikan bahan pelajaran sampai suatu saat pandangan salah satu dari kita berdua akan berubah hihihi...

    Salam kenal aja ya, sukses terus buat blog ini.

  • BiLLy GusTaMa on 18 Agustus 2010 01.57

    gx terlau banyak kata-kata yang mau saya ungkapkan setelah membaca artikel ini, saya mau berterima kasih kepada semua, khususnya buat bang Ronney yang udah nulis artikel ini, anda sudah membuka pemikiran saya mengenai blog copas..
    TERIMA KASIH...

  • Johann on 27 Agustus 2010 13.17

    SETUJU BANGET...
    indah rasana berbagi...
    disimpen sendiri jadi penyakit,..
    inget aja keong racun, jd lebih 'terbagi' dgn baik n fenomenal ketimbang waktu di hidangkan oleh empu aseli na..
    keep on copas 4 share, brad... ^_^

  • Kang Salman on 8 September 2010 07.52

    Saya ga bisa berkomenta banyak, setelah membaca lahap dan mencerna artikel ini baik-baik dengan mengunkan dua sudut pandang berbeda.
    1. pro
    2. kontra
    permasalahan yang kita temukan iu bertumpu dititik keelmuan dan pengalman. mungkin saja yang kontra pernah merasakan sakit hati artikelnya di copas orang, apalagi keelmuan SEO di masih minim sehingga kelempar dari mesin pencari. (saya memahami perasaan anda yang teteap mendukung anti copy paste).
    Namun yang jika kita berpikir sebagai "pro" kita akan menemukan sebuah jawaban yang lebih sederhana lagi menyegarkan. yaitu kebebasan dan kedewasaan serta pengetahuan yang terus berkembang, lalu kenapa mesti bertahan dengan jiwa yang kolot??. disini kangsalman mah mau menuliskan sedikit saja pemikiran dan pendapat saya pribadi yaitu" "setiap orang punya jalan masing-masing untuk menjadi seorang blogger menurut dirinya sendiri."

    Bang Roney Postingan anda mantaf, 2 jempol buat anda neh! :) salman kenal ya ^^

  • Kang Salman on 8 September 2010 08.07

    @Ronney
    Oiya lupa,, saya beru pertama kali lho ngeliat komentar yang panas,
    saling sindir, dan sedikit menyerang. dan itu membuat saya terhibur terpana dan tertawa-tawa dengan kekonyolan di akhir.
    Dan Mungkin inilah yang disebut artikel sangat berkualis sehingga menimbulkan perdebatan yang sengit ibarat duet maut hehehe :)

    @etikush:
    Awalnya saya kagum soalnya anda kritis dan cerdas. kok akhir-akhirnya malah keliatan polosnya, orang bijak berkata "berhentilah berbicara disaat yang tepat" Ego jangan dan pikiran harus seirama.

    @poni:
    aku sejutu dengan pendapatmu juga :) hehe

    @Risty:
    Risti Pinter sekali, aku stuju juga ma pendapat kamu. namun alasannya di tambahkan sedikit lagi,
    Misal: dengan memasang link sumber artikel, kita dapat gunakan sebagai ancang-ancang kalau misal ada yang bertanya dan kita tidak mampu menjawabnya, dengan begitu kita bisa merekomendasikan blog lain.. hehe

    Menurut pendapat kang salman, setiap orang punya jalan sendiri untuk menjadi Blogger Sejati menurut dirinya sendiri.

    Makasi kang Ronney. udah di muat
    by http://asksalman19.blogspot.com/

  • Stanislaus on 8 September 2010 20.02

    wah,jarang-jarang nih ada orang indo berpikiran abu-abu..haha...setuju sm opini ini....

  • ardi_figure on 28 September 2010 21.10

    wah pencerahan nh,, bener2 untuk sekarang ini ya semua udah pengembangan tidak 100%...

    yangcocok.blogspot.com

  • Mifta Nurdin on 4 Oktober 2010 15.22

    Kalau nggak mau ditiru orang lain, mendingan ngumpet aja di kolong jembatan... toh ilmu juga diciptakan untuk dikembangkan...

  • yusuf diansyah on 24 Oktober 2010 11.54

    blognya keren
    apalagi yang zona-orang-gila.blogspot.comcom

    keren gila,hha

  • Admin on 26 Oktober 2010 10.43

    Wah,cocok banget nih...
    blog gua juga tipe copas hhehe..
    by:http://www.tidakin.blogspot.com

  • Alvin Jonathan on 24 November 2010 21.31

    memang sekilas copas itu terlihat menyebalkan. tapi setelah dpikir baik2, ilmu/informasi menarik yg kita punya, tentu berguna juga utk org lain, jujur sebelum membaca entri ini saya termasuk org anti-copas. entri ini spt membuka pikiran saya utk berpikir lebih jauh lagi. nice!

  • Go Blog on 9 Desember 2010 01.01

    manatap gan..........

  • vampire1721 on 30 Desember 2010 15.37

    wakakakakak.

    Dengan artikel ini, anda sudah menunjukkan bukan blogger copas. Karena anda berbagi alam pikiran Anda.

    Menjadi blogger copas maupun blogger penulis adalah pilihan hidup. Blogger tidak bisa saling memaksa. Bahkan saya pernah berkunjung ke http://www.2lisan.com/ (salah satu pengcopas keyword artikel saya). Dan tahukah anda dia blogger ganda. Dia blogger copas sekaligus blogger penulis. Saya mencoba baca-baca tulisan asli dia, ternyata dia muslim yang fanatik. Dia membawa ajaran tertentu cuy. Jadi dia kirim traffic ke web dia dengan harapan misi dari tulisan aslinya si doi dibaca orang.

    Awalnya saya dulu juga membenci blogger copas, tapi akhir-akhir ini sayapun berpikir bahwa blogger copaspun sangat berguna karena mereka membantu kita menyebarkan suatu ajaran jika blogger tersebut membawa misi tertentu.

    coba anda baca di artikel saya :
    "Posting Takut dicuri/dicopas Orang adalah Ketakutan yang Tidak Perlu"

    di link ini
    http://vampire1721.blogspot.com/2010/11/posting-takut-dicuridicopas-orang.html

    memang sebuah dilema tetapi kita butuh blogger copas untuk menyebarkan ajaran tertentu.

    seperti blogger senior saya =
    http://www.blogernas.co.cc/
    (blogger Islam yang kritis dengan agamanya sendiri, cara pandangnya sungguh luar biasa)

    http://www.omrame.co.cc/
    (blogger yang suka mengajarkan cara menulis yang benar agar tulisan bisa gurih untuk dibaca)

    2 blogger di atas merupakan blogger penulis yang cukup sukses di dunia maya. Tentunya mereka seperti halnya saya sedang membawa misi tertentu.

    Akhir kata :
    we need "blogger copas" ^_^

  • Base Jam ~ Bukan Pujangga

    Get more songs & code at www.stafaband.info
    1 komentar anda = 1 Backlink
    Kapan lagi dapat backlink segampang ini
    Keep Comment

    Followers

    My Award

    Photobucket