contact
Test Drive Blog
twitter
rss feed
blog entries
log in

Senin, 04 Oktober 2010

Keluarga Jean Nidetch adalah "keluarga besar". Maksudnya, anggota keluarganya bertubuh besar-besar. Jean Nidetch sendiri seorang ibu rumah tangga yang saat itu berusia 39 tahun (tahun 1961), berbobot 88 kilogram. Kedua anaknya juga berukuran "jumbo", begitu pun suaminya. Entah karena merasa senasib, Jean pun punya sekelompok teman yang ukuran tubuhnya juga besar-besar.


Jean sebenarnya sudah jengah dengan tubuhnya yang terus membengkak. Saking tak nyamannya, akhirnya ia bertekad untuk mengecilkan tubuhnya. Ia memutuskan untuk mengurangi kegemarannya mengunyah biskuit cokelat yang biasanya ia habisnya sampai berbungkus-bungkus setiap harinya. Untuk mendorong rencananya itu, Jean mendaftarkan diri ke Dinas Kesehatan New York untuk mendapatkan dukungan rencana dietnya.


Beberapa bulan kemudian, berat badan Jean turun sampai 20 kg. Lalu ia mengundang enam temannya yang gemuk-gemuk untuk minum kopi bersama di apartemennya. Jean menantang teman-temannya itu untuk melakukan hal yang sama. Ia membagikan lembaran diet yang harus diisi mereka untuk mengukur sejauh mana kemajuan programnya. Setelah itu mereka pun rutin bertemu setiap pekan. Kelompok penurunan berat badan ini lama-lama dikenal dan anggota baru pun bermunculan.


Suatu kali Felice, istri seorang agen mantel bernama Al Lippert, mendengar kelompok Jean Nidetch. Suami istri yang kelebihan berat badan ini mengundang kelompok Jean untuk kumpul di rumahnya. Melihat banyaknya peserta, Lippert justru mendapatkan ide untuk membisniskannya. Setiap yang datang mengikuti program itu membayar tiket. Lalu dibuatlah rencana bisnisnya bersama Jean. Setelah itu berdirilah Weight Wacthers, suatu usaha yang bergerak di bidang program motivasi penurunan berat badan.


Pada tahun 1963, proyek pertama digelar. Jean dan Lippert membuka program di bioskop. Setiap peserta harus membayar US$ 2 setiap kali pertemuan. Harga itu sesuai dengan harga tiket bioskop itu. Tiba-tiba saja Jean panen uang. Dan pekan-pekan berikutnya pemasukannya terus berkembang. "Belum pernah dalam hidup saya sebelumnya saya mengumpulkan uang sebanyak ini," begitu Jean menyebutkan.


Sukses itu membuat Weight Wacthers dikembangkan dengan sistem franchise setahun kemudian.Karena itulah jaringannya terus berkembang. Pada tahun 1970 pemasukan Weight Wacthers sudah mencapai US$ 8 juta dalam setahun. Dan ketika perusahaan ini dijual pada HJ Heinz pada tahun 1978, keluarga Jean Nidetch dan Al Lippert mendapat penggantian sebesar US$ 72 juta.


Pada tahun 2007, nilai usaha Weight Wacthers sudah mencapai US$ 4 miliar. Jaringannya sudah berkembang ke 30 negara dengan jumlah pertemuan per minggunya mencapai 46.500 pertemuan. Berapa jumlah pesertanya? Jika pada tahun 1961 Jean memulainya dengan 6 orang di apartemennya, selama tahun 2007 terdapat 60 juta orang yang menghadiri pertemuan Weight Watchers.


Teman-teman, ternyata dari semangat mengurangi berat badan dan sebuah ide kecil bisa lahir bisnis yang besar. Jadi jangan sepelekan ide kecil! Jika kita bisa mengelolanya dengan benar, tentu bisa berkembang jadi bisnis besar. Nah, apa ide kecil Anda?

0

0 komentar:

Base Jam ~ Bukan Pujangga

Get more songs & code at www.stafaband.info
1 komentar anda = 1 Backlink
Kapan lagi dapat backlink segampang ini
Keep Comment

Followers

My Award

Photobucket