Keluarga Jean Nidetch adalah "keluarga besar". Maksudnya, anggota keluarganya bertubuh besar-besar. Jean Nidetch sendiri seorang ibu rumah tangga yang saat itu berusia 39 tahun (tahun 1961), berbobot 88 kilogram. Kedua anaknya juga berukuran "jumbo", begitu pun suaminya. Entah karena merasa senasib, Jean pun punya sekelompok teman yang ukuran tubuhnya juga besar-besar.
Jean sebenarnya sudah jengah dengan  tubuhnya yang terus membengkak. Saking tak nyamannya, akhirnya ia  bertekad untuk mengecilkan tubuhnya. Ia memutuskan untuk mengurangi  kegemarannya mengunyah biskuit cokelat yang biasanya ia habisnya sampai  berbungkus-bungkus setiap harinya. Untuk mendorong rencananya itu, Jean  mendaftarkan diri ke Dinas Kesehatan New York untuk mendapatkan dukungan  rencana dietnya.

Beberapa  bulan kemudian, berat badan Jean turun sampai 20 kg. Lalu ia mengundang  enam temannya yang gemuk-gemuk untuk minum kopi bersama di  apartemennya. Jean menantang teman-temannya itu untuk melakukan hal yang  sama. Ia membagikan lembaran diet yang harus diisi mereka untuk  mengukur sejauh mana kemajuan programnya. Setelah itu mereka pun rutin  bertemu setiap pekan. Kelompok penurunan berat badan ini lama-lama  dikenal dan anggota baru pun bermunculan.
Suatu kali Felice,  istri seorang agen mantel bernama Al Lippert, mendengar kelompok Jean  Nidetch. Suami istri yang kelebihan berat badan ini mengundang kelompok  Jean untuk kumpul di rumahnya. Melihat banyaknya peserta, Lippert justru  mendapatkan ide untuk membisniskannya. Setiap yang datang mengikuti  program itu membayar tiket. Lalu dibuatlah rencana bisnisnya bersama  Jean. Setelah itu berdirilah Weight Wacthers, suatu usaha yang bergerak di bidang program motivasi penurunan berat badan.
Pada  tahun 1963, proyek pertama digelar. Jean dan Lippert membuka program di  bioskop. Setiap peserta harus membayar US$ 2 setiap kali pertemuan.  Harga itu sesuai dengan harga tiket bioskop itu. Tiba-tiba saja Jean  panen uang. Dan pekan-pekan berikutnya pemasukannya terus berkembang.  "Belum pernah dalam hidup saya sebelumnya saya mengumpulkan uang  sebanyak ini," begitu Jean menyebutkan. 
Sukses itu membuat Weight Wacthers dikembangkan dengan sistem franchise setahun kemudian.Karena itulah jaringannya terus berkembang. Pada tahun 1970 pemasukan Weight Wacthers  sudah mencapai US$ 8 juta dalam setahun. Dan ketika perusahaan ini  dijual pada HJ Heinz pada tahun 1978, keluarga Jean Nidetch dan Al  Lippert mendapat penggantian sebesar US$ 72 juta.

Pada tahun 2007, nilai usaha Weight Wacthers  sudah mencapai US$ 4 miliar. Jaringannya sudah berkembang ke 30 negara  dengan jumlah pertemuan per minggunya mencapai 46.500 pertemuan. Berapa  jumlah pesertanya? Jika pada tahun 1961 Jean memulainya dengan 6 orang  di apartemennya, selama tahun 2007 terdapat 60 juta orang yang  menghadiri pertemuan Weight Watchers. 
Teman-teman, ternyata  dari semangat mengurangi berat badan dan sebuah ide kecil bisa lahir  bisnis yang besar. Jadi jangan sepelekan ide kecil! Jika kita bisa  mengelolanya dengan benar, tentu bisa berkembang jadi bisnis besar. Nah, apa ide kecil Anda?






 







